Jumat, 12 November 2010

7 Keindahan Fraktal yang ditemukan di Alam !


 

fraktal adalah bentuk geometri kasar atau patah yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian bentuk/fraktal aslinya dengan ukuran yang diperkecil. Berbagai jenis fraktal pada awalnya dipelajari sebagai benda-benda matematis. Geometri fraktal adalah cabang matematika yang mempelajari sifat-sifat dan perilaku fraktal. Fraktal bisa membantu menjelaskan banyak situasi yang sulit dideskripsikan menggunakan geometri klasik, dan sudah cukup banyak diaplikasikan dalam sains, teknologi, dan seni karya komputer.Pada banyak kasus, sebuah fraktal bisa dihasilkan dengan cara mengulang suatu pola, biasanya dalam proses rekursif atau iteratif.

Sifat fraktal yang menunjukkan kemiripan geometris pada skala pengukuran yang berbeda. fraktal terdapat di lingkungan sekitar kita. Awan-awan yang senantiasa bergerak di angkasa, deretan pegunungan, alur sungai-sungai, hingga ranting pohon menunjukkan sifat fraktal. Bahkan bentuk fisiologis paru-paru kita menyimpan struktur fraktal di dalamnya.

Fraktal membawa pemahaman yang baru tentang bentuk dan pengukuran atas alam dan sekitar kita. Berikut adalah tujuh belas contoh menakjubkan yang ditemukan di alam




 Nautilus adalah salah satu contoh yang paling terkenal dari sebuah fraktal di alam.
Chambers dari nautilus shell adalah contoh dari Pola yang sempurna disebut spiral fibonacci.




Kepingan salju adalah konglomerasi dari kristal es beku yang jatuh melalui atmosfer bumi .Dimulai sebagai dua salju kristal yang berkembang saat mikroskopis sangat dingin dari tetesan awan beku . Kepingan salju berasal dalam berbagai ukuran dan bentuk. Bentuk yang kompleks muncul sebagai serpihan bergerak melalui temperatur dan kelembaban yang berbeda.Masing-masing kepingan salju mempunyai struktur yang unik.



 Petir atau halilintar adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di mana di langit muncul kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan biasanya disebut kilat yang beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar sering disebut Guruh.Kekuatan dahsyat yang dihasilkan petir sangat mengagumkan dan indah. Keindahan fraktal diciptakan oleh kilatan petir yang menyebar dan tidak teratur.




 Queen Anne's Lace merupakan wortel liar, adalah contoh fraktal yang indah dari bunga.
Setiap mekar menghasilkan iteratif lebih kecil.
dilihat dari bawah tanaman ini menunjukkan sifat fraktal tanaman.
Wortel liar diperkenalkan dan dinaturalisasi di Amerika Utara , di mana ia sering dikenal sebagai " Queen Anne lace '".Hal ini disebut demikian karena bunga menyerupai renda, bunga merah di tengah merupakan tetesan darah di mana Queen Anne dirinya ditusuk dengan jarum ketika dia sedang membuat renda. Fungsi bunga merah kecil, diwarnai oleh antosianin , adalah untuk menarik serangga.




Merak adalah tiga spesies burung dalam genus Pavo dan Afropavo dari familia ayam hutan (pheasant), Phasianidae. Burung jantannya memiliki bulu ekor yang indah yang dapat dikembangkan untuk menarik perhatian merak betina.merak jantan putih dan merak jantan berbagai jenis adalah contoh gemilang dari fraktal dalam kerajaan hewan. Trivia: merak putih bukan merupakan hewan albino.



Awan adalah massa terlihat dari tetesan air atau beku kristal yang berada di atmosfer di atas permukaan bumi .Fraktal awan dapat kita lihat setiap saat,maka kita dapat melihat pola-pola yang terbentuk oleh awan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar